Sunday, October 20, 2013

Browse » home» » » » » » tips perbaiki scaner yang error

tips perbaiki scaner yang error


Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan cara memperbaiki scanner yg rusak/error dimana motor/dinamo scannya terus berputar padahal alat scannya sudah mentok di pinggir sehingga berbunyi"krek..krek..krek". Mungkin sobat2 sekalian memiliki kasus yg sama seperti yg saya alami, pada saat itu saya mau memperbaiki scanner printer epson dimana masalahnya seperti yg saya katakan di atas.
Sebenarnya penyebab masalah ini ada bebrapa hal: mungkin alat scannya memang sudah rusak klo ga mungkin kabel pleksibelnya, atau mungkin pada main board printernya, tapi sebulum sobat2 sekalian berpikiran ke situ coba cek apakah hal ringan seperti yg saya alami yg terjadi di scanner sobat yg jadi masalahnya.
Di dalam scanner ada objek deteksi yg di baca sama alat pengscannya yg letaknya di pinggir sebelah kanan(jadi scannernya di buka dulu) yaitu berupa semacam kertas lurus warna putih yg di tengahnya ada 2 bintik hitam, inilah yg di baca sama scannya sebagai pinggir biar motor/dinamonya tidak terus berputar ke arah kanan (di scanner printer epson TX112).
Klo alat itu kotor atau tidak jelas lagi seperti yg saya alami kena tinta otomatis ga kbaca sama scanner, setelah saya bersihkan dan pasang kembali ahirnya scannernya kembali berfungsi seperti biasa, buat sobat2 yg mengalami hal yg sama coba aja dulu cara ini sebelum ganti komponen2 lainnya, yupss....." selamat mencoba ya mga berhasil.


No comments:

Post a Comment